Senin, 30 September 2013

BAB VI PENUTUP



BAB VI
PENUTUP
A.    Kesimpulan
           Setelah penulis membahas metode pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah Waddirosat Islamiyah Palengaan Pamekasan maka penulis akan menyimpulkan sebagai akhir dari penulisan skripsi ini adalahsebagai berikut:
1.      Metode yang digunakan dalam pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah adalah menggunakan metode elektik yaitu metode gabungan antara metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, dan bermain peran dalam pembelajarannya, dengan menggunakan sistim Prosedur Pengembangan Sistim Instruksional (PPSI).

2.      Kendala-kendala yang dihadapi Pondok Pesantren Darul Lughah dalam pembelajaran muhadatsah adalah santri kesulitan dalam meghafal dan berbicara Bahasa Arab, ketika datang kemalasan dan kurang disiplinnya santri dalam belajar, kurangnya media pembelajaran, sarana dan prasarana, guru kesulitan mengontrol aktifitas bahasa santri sehari-hari, dan yang terakhir adalah faktor lingkungan.
B.     Saran-saran
        Harapan penulis dalam penelitian ini mudah-mudahan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru
1.      Mengigat Bahasa Arab adalah bahasa yang kebanyakan orang di anggap sulit, semoga dengan metode yang peneliti dapat simpulkan ini bisa mengubah anggapan tersebut, kepada guru-guru Bahasa Arab mari kita berjuang bersama meningkatkan minat peserta didik dalam berbahasa Arab.
2.      Kepada santri Darul Lughah Palegaan Pamekasan, agar lebih memberikan perhatian khusus terhadap materi Bahasa Arab khususnya muhadatsah, karena materi tersebut merupakan salah satu materi yang sangat penting dibanding keterampilan bahasa yang lain.
3.      Kepada pengasuh lembaga DLWDI hendaknya melengkapi media pembelajaran termasuk laboratorium bahasa demi miningkatkan daya saing baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun Internasional.
            Dengan ucapan rasa syukur dari lubuk hati yang paling dalam “Alhamdullahi Rabbil ‘Alamin” penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini dengan tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar