BAB VI
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah
penulis membahas metode pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren Darul
Lughah Waddirosat Islamiyah Palengaan Pamekasan maka penulis akan menyimpulkan
sebagai akhir dari penulisan skripsi ini adalahsebagai berikut:
1.
Metode yang
digunakan dalam pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah adalah
menggunakan metode elektik yaitu metode gabungan antara metode ceramah,
Tanya jawab, diskusi, dan bermain peran dalam pembelajarannya, dengan
menggunakan sistim Prosedur Pengembangan Sistim Instruksional (PPSI).
2.
Kendala-kendala
yang dihadapi Pondok Pesantren Darul Lughah dalam pembelajaran muhadatsah
adalah santri kesulitan dalam meghafal dan berbicara Bahasa Arab, ketika datang
kemalasan dan kurang disiplinnya santri dalam belajar, kurangnya media
pembelajaran, sarana dan prasarana, guru kesulitan mengontrol aktifitas bahasa
santri sehari-hari, dan yang terakhir adalah faktor lingkungan.
B. Saran-saran
Harapan
penulis dalam penelitian ini mudah-mudahan dapat dijadikan bahan pertimbangan
bagi guru
1.
Mengigat Bahasa
Arab adalah bahasa yang kebanyakan orang di anggap sulit, semoga dengan metode
yang peneliti dapat simpulkan ini bisa mengubah anggapan tersebut, kepada
guru-guru Bahasa Arab mari kita berjuang bersama meningkatkan minat peserta
didik dalam berbahasa Arab.
2.
Kepada santri
Darul Lughah Palegaan Pamekasan, agar lebih memberikan perhatian khusus
terhadap materi Bahasa Arab khususnya muhadatsah, karena materi tersebut
merupakan salah satu materi yang sangat penting dibanding keterampilan bahasa
yang lain.
3.
Kepada pengasuh
lembaga DLWDI hendaknya melengkapi media pembelajaran termasuk laboratorium
bahasa demi miningkatkan daya saing baik di tingkat lokal, regional, nasional,
maupun Internasional.
Dengan ucapan rasa syukur dari lubuk
hati yang paling dalam “Alhamdullahi Rabbil ‘Alamin” penulis dapat
menyelesaikan penulisan skripsi ini dengan tepat waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar