METODE PEMBELAJARAH MUHADATSAH
DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIROSATIL ISLAMIYAH SENINAN AKKOR PALENGAAN PAMEKASAN

Oleh:
DUMYATI
NIMKO:
2009.4.037.0102.1.00187
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT
DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN (IDIA) PRENDUAN
SUMENEP
MADURA
TAHUN
AKADEMIK 2012-2013
METODE PEMBELAJARAH MUHADATSAH
DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIROSATIL ISLAMIYAH SENINAN AKKOR PALENGAAN PAMEKASAN
Diajukan untuk Memenuhi
Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan Islam
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah
Di Institut Dirosat
Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan
Sumenep Madura Jawa
Timur
![]() |
Oleh:
DUMYATI
Nimko:
2009.4.037.0102.1.00187
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT DIROSAT
ISLAMIYAH AL-AMIEN (IDIA) PRENDUAN
SUMENEP MADURA
TAHUN AKADEMIK 2012-2013
NOTA KONSULTASI
Nomor :
-
Lampiran :
1 Eksemplar
Perihal :
Hantaran Naskah Skripsi
Kepada
Yth.
Rektor Institut Dirosat Islamiyah
Al-Amien (IDIA) Prenduan
KH.
Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA
Di
Prenduan
Assalamu’alaikum
Wr.Wb.
Setelah meneliti dan
mengadakan perbaikan seperlunya, maka kami kirimkan dengan hormat naskah
skripsi saudara:
Nama :
Dumyati
Tetala :
Jambu Ilir, 05 Maret 1991
Nimko :
2009.4.037.0102.1.00187
Judul Skripsi : Metode Pembelajaran Muhadatsah Di Pondok Pesantren Darul
Lughah Waddirosatil Islamiyah Seninan Palengaan Pamekasan Tahun 2012-2013
Maka dengan ini kami
mohon agar skripsi saudara tersebut dapat diseminarkan. Atas perhatiannya, kami
sampaikan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb.
Prenduan, 12 Mei
2013
Mengetahui dan
Menyetujui,
Pembimbing I,
Bapak Fujianto,
M.Pd
|
Pembimbing II,
Ust. Saiful Anam,
Lc
|
PENGESAHAN
Skripsi ini telah
dimunaqosahkan di depan penguji skripsi
Institut Dirosat
Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep Madura, dan diterima sebagai salah
satu syarat untuk memperolah gelar Sarjana Strata-1
Pada Fakultas
Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Pada:
Hari :...............................................
Dewan Penguji,
1. …………………………….
2. …………………………….
3. …………………………….
Mengesahkan,
Rektor Institut
Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan
(KH. Dr. Ahmad Fauzi
Tidjani, MA)
PERSEMBAHAN
Skripsi ini kupersembahkan kepada:
Ø Ayahku Bandar Harun dan bundaku Nurlela tercinta yang telah mengenalkan
makna kehidupan dengan segala pengorbanan, dan kasih sayangnya, yang tidak
dapat dibalas dengan apa-apa.
Ø Saudara-saudaraku tercinta yang selalu membantu, memperhatikan
keadaanku dan nasibku selama aku hidup di pondok
Ø Guru-guruku dari pra-sekolah sampai perguruan tinggi baik informal
maupun nonformal yang telah membimbingku dan memberikan hal-hal yang baru
kepadaku yang akhirnya dapat menerangi langkahku
Ø Teman-temanku seperjuangan GREVANS dan GREEN ZONE yang telah banyak
membantu, baik moral ataupun materil
Ø Almamater tercinta tempatku menggali ilmu, Institut Dirosat
Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep Madura
Ø Rekan-rekanku mahasiswa/I se-almamater
Semoga jasa-jasa yang telah engkau lakukan, dibalas oleh Allah SWT.
Amien ya robbal ‘Alamin.
Motto
أُحبُوْا
العَرَب لثَلاَثَ: لأَني عَرَبي وَالقَرْآنَ عَرَبيْ وَكَلَامَ أَهْل الجَنَة عَرَبي
(رواه مسلم)
إِنَّآ
أَنْزَلْنَاهُ قَرْءَانًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ (يوسف/ 2:12)
KATA PENGANTAR
Alhamdullah
segala fuji syukur patut kita panjatkan kepada Allah SWT yang banyak memberikan
nikmatnya kepada hambanya, sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada nabi
besar Muhammad SAW, yang dengan semagatnya beliau memperjuangakan Islam,
sehingga manusia bisa selamat dari jurang kemusyrikan menuju jalan yang lurus
yakni agama Islam.
Pada
kata pengantar ini penulis ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua
pihak yang telah ikut membantu penulisan skripsi ini, baik secara langsung
maupun tidak langsung. Dan juga penulis mengucapkan terima kasih yang dikhususkan
kepada:
1.
KH.
Maktum Jauhari, MA sebagai Pengasuh
Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura.
2.
Rektor
Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan KH. Dr. Ahmad Fauzi
Tidjani, MA yang telah mengizinkan penulisan untuk melakukan penelitian.
3.
Bapak
Fujianto, M.Pd (Pembimbing I) yang telah tulus ikhlas membimbing, Mengarahkan,
selalu memberi semagat serta tak henti-hentinya mengigatkan dalam kebaikan
sehingga skripsi ini dapat selesai tepat waktu dan Ust, Saiful Anam, Lc yang
juga telah memberikan bimbingan sehingga terjemah ke dalam Bahasa Arab dapat
juga di selesaikan tepat waktu.
4.
Pengasuh
pondok pesantren Darul Lughah Waddirosatil Islamiyah Seninan Palengaan
Pamekasan yang telah mengarahkan, memberimasukan dan izin kepada saya untuk
meneliti di pondok Darul Lughah.
5.
Penanggung
jawab program niha’i Ust. Joko Andi,
S.Pdi dan Ust. Ahmad Yani, S.Sos.I yang telah berusaha menyukseskan rentetan program niha’i 2012 agar terlaksana
dengan sempurna.
6.
Teman-teman
Shaf GREVANS seperjuangan yang telah member inspirasi dan membantu, sehingga
kita semua dapat menyelesaikan study akhir ini, agar kita semua bisa menatap
masa depan dengan indah.
7.
Seluruh
civitas akademik IDIA Prenduan atas segala perhatian dan bantunanya.
Kemudian
penulis berharap kepada para pembaca agar memberikan masukan yang bersifat
konstruktif untuk menutupi kekurangan yang masih ada, penulis juga mohon maaf
jika ada kesalahan. Dan tak lupa pula penulis haturkan banyak terima kasih
kepada semua pihak yang telah ikut andil demi terselesainya skripsi ini, baik
berupa bimbingan, saran, kritik, motivasi maupun do’a
Akhrinya
penulis berharap semoga skripsi ini bisa bermanfaat baik bagi penulis khususnya
dan bagi para pembaca umumnya. Hanya kepada Allah SWT penulis menyerahkan
segala urusan, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua,
amien.
Prenduan, 12 Mei 2013
Penulis
Dumyati
ABSTRAKSI
DUMYATI.2013.
Metode Pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah Seninan Palengaan
Pamekasan Tahun 2012-2013. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan
Bahasa Arab, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep
Madura.
Pembimbing
I : Ust. Fujianto, M.Pd.I
Pembimbing
II : Ust. Saiful Anam, Lc
Untuk
memudahkan pembaca, maka perlu dikemukakan sekilas tentang pembahasan yang
terdapat dalam skripsi ini sebagai intisarinya. Skripsi ini terdiri dari enam bab yang
masing-masing bab dibahas menjadi beberapa sub-sub bab, sehingga secara khusus
merupakan manifestasi dari judul skripsi ini yaitu: “Metode Pembelajaran
Muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah Seninan Palengaan Pamekasan Tahun
2012-2013”.
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat
komunikasi sehari-hari dan Bahasa Arab merupakan bahasa Al-qur’an, sedangkan
Al-qur’an adalah sumber pokok agama Islam, memperdalam Bahasa Arab berarti
memperdalam agama Islam. Ada beberapa permasalahan penelitian yang menjadi
kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Apa metode pembelajaran muhadatsah dan apa kendalanya.
Untuk
mendapatkan hasil yang valid dan akurat maka penelti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber
datanya adalah pengasuh pondok, guru pengajar Bahasa Arab, dan santri PP. Darul
Lughah, prosedur pengumpulan data yang digunkan adalah wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan fenomenalogis. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perbanjangan pengamatan, dan triagulasi.
Dari hasi penelitian ini bahwa metode
pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah Pamekasan adalah mengunakan metode bermain
peran dan metode elektik
yaitu penggabungan antara metode ceramah, tanya jawab, dan metode
diskusi, dari ketiga metode tersebut di gabung menjadi satu metode pembelajaran, Sistem pembelajarannya menggunakan Sistem
Prosedur Pengembangan sistem Instruksional (PPSI). Sedangkan kendala-kendala
yang dihadapi pondok pesantren Darul Lughah adalah pertama kemalasan santri,
kesulitan santri dalam menghapal dan berbicara Bahasa Arab, kedua kurangnya
media pembelajaran, sarana/prasarana, ketiga kurangnya kedisiplinan guru, dan
yang terakhir faktor lingkungan.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…….………………………………….…………….
|
I
|
HALAMAN
PERSETUJUAN…….………………………..………..…...
|
II
|
HALAMAN PENGESAHAN…………..…………………………...……
|
III
|
HALAMAN PERSEMBAHAN……………..……………...……….……
|
IV
|
HALAMAN MOTTO………………………….……………………….…
|
V
|
KATA PENGANTAR……………………………..…………………...…
|
VI
|
ABSTRAKSI…………………………………………..………………….
|
VII
|
DAFTAR ISI ……………………………………………..………………
|
VIII
|
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Konteks
Penelitian ………………………………………………..
B.
Fokus
Penelitian ………………………………………………….
C.
Tujuan
Penelitian ……………………………………...................
D.
Kegunaan
Penelitian…………………………………...................
E.
Definisi
Istilah ……………………………………………………
F.
Sistematika
Pembahasan …………………………………………
|
01
04
04
05
06
06
|
BAB II: KAJIAN PUSTAKA
A.
Tinjauan Tentang Metode Pembelajaran ………..……………….
1.
Metode
Pembelajaran……………………….………..……….
2.
Teknik
Pembelajaran………………………………………….
3.
Model
Pembelajaran…………………………………………..
4.
Strategi
Pembelajaran……………………….…………………
B.
Tinjauan Tentang Muhadatsah…………..………………………..
1.
Pengertian
Muhadatsah………………………………………..
2.
Pentingnya
Mempelajari Muhadatsah......................................
3.
Pelaksanaan
Pembelajaran Muhadatsah……………..……….
C.
Sekilas Tentang Pondok Pesantren Darul Lugah ………………..
1.
Sejarah
singkat PP. Darul Lugah… …………………..………
2.
Program
kerja PP. Darul Lughah……………………..............
|
08
08
08
08
09
09
09
10
12
14
14
15
|
BAB III: METODE PENELITIAN
A.
Jenis
Penelitian dan Pendekatan ………………………….………
B.
Tempat
Penelitian……………………………….…..........…..…..
C.
Sumber
Data………………………….…........……….…………..
D.
Teknik
Pengumpulan Data………………………….…........……
E.
Teknik
Pemeriksaan Keabsahan Data………………………..…..
F.
Teknik
Analisis Data………………………………………………
|
16
16
17
17
20
22
|
BAB IV: LAPORAN PENELITIAN
A.
Paparan
Data………..………………………….…........……..…..
1.
Metode Pembelajaran Muhadatsah di PP. Darul Lughah…….
2.
Kendala-kendala Yang di Hadapi PP. Darul Lughah…………
B.
Temuan Penelitian..........................................................................
|
23
23
26
29
|
BAB V: PEMBAHASAN HASIL TEMUAN
A.
Metode Pembelajaran Muhadatsah di PP.
Darul Lughah...............
B.
Kendala-Kendala Pembelajaran Muhadatsah
di PP Darul Lughah
|
31
42
|
BAB VI: PENUTUP
A.
Kesimpulan..........................................................……..…...........
B.
Saran-saran......................................... .................………….........
|
25
25
|
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar