Senin, 30 September 2013

Halaman depat skripsi



METODE PEMBELAJARAH MUHADATSAH
DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIROSATIL ISLAMIYAH SENINAN AKKOR PALENGAAN PAMEKASAN  
Description: idia coluorSKRIPSI








Oleh:
DUMYATI
NIMKO: 2009.4.037.0102.1.00187

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN (IDIA) PRENDUAN
SUMENEP MADURA
TAHUN AKADEMIK 2012-2013



METODE PEMBELAJARAH MUHADATSAH
DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIROSATIL ISLAMIYAH SENINAN AKKOR PALENGAAN PAMEKASAN  

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah
Di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan
Sumenep Madura Jawa Timur


Description: idia coluor
 







Oleh:
DUMYATI
Nimko: 2009.4.037.0102.1.00187

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN (IDIA) PRENDUAN
SUMENEP MADURA
TAHUN AKADEMIK 2012-2013


NOTA KONSULTASI
Nomor             : -
Lampiran         : 1 Eksemplar
Perihal             : Hantaran Naskah Skripsi
                        Kepada Yth.
                        Rektor Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan
                        KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA
                        Di
                                    Prenduan
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Setelah meneliti dan mengadakan perbaikan seperlunya, maka kami kirimkan dengan hormat naskah skripsi saudara:
Nama               : Dumyati
Tetala             : Jambu Ilir, 05 Maret 1991
Nimko             : 2009.4.037.0102.1.00187
Judul Skripsi     : Metode Pembelajaran Muhadatsah Di Pondok Pesantren Darul Lughah Waddirosatil Islamiyah Seninan Palengaan Pamekasan Tahun 2012-2013
Maka dengan ini kami mohon agar skripsi saudara tersebut dapat diseminarkan. Atas perhatiannya, kami sampaikan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Prenduan, 12 Mei 2013
Mengetahui dan Menyetujui,
Pembimbing I,

Bapak Fujianto, M.Pd
Pembimbing II,

Ust. Saiful Anam, Lc



PENGESAHAN
Skripsi ini telah dimunaqosahkan di depan penguji skripsi
Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep Madura, dan diterima sebagai salah satu syarat untuk memperolah gelar Sarjana Strata-1
Pada Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Pada:
Hari :...............................................

Dewan Penguji,
1.      …………………………….
2.      …………………………….
3.      …………………………….

Mengesahkan,
Rektor Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan

(KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA)






PERSEMBAHAN
Skripsi ini kupersembahkan kepada:
Ø  Ayahku Bandar Harun dan bundaku Nurlela tercinta yang telah mengenalkan makna kehidupan dengan segala pengorbanan, dan kasih sayangnya, yang tidak dapat dibalas dengan apa-apa.
Ø  Saudara-saudaraku tercinta yang selalu membantu, memperhatikan keadaanku dan nasibku selama aku hidup di pondok
Ø  Guru-guruku dari pra-sekolah sampai perguruan tinggi baik informal maupun nonformal yang telah membimbingku dan memberikan hal-hal yang baru kepadaku yang akhirnya dapat menerangi langkahku
Ø  Teman-temanku seperjuangan GREVANS dan GREEN ZONE yang telah banyak membantu, baik moral ataupun materil
Ø  Almamater tercinta tempatku menggali ilmu, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep Madura
Ø  Rekan-rekanku mahasiswa/I se-almamater
Semoga jasa-jasa yang telah engkau lakukan, dibalas oleh Allah SWT. Amien ya robbal ‘Alamin.









Motto

أُحبُوْا العَرَب لثَلاَثَ: لأَني عَرَبي وَالقَرْآنَ عَرَبيْ وَكَلَامَ أَهْل الجَنَة عَرَبي (رواه مسلم)

إِنَّآ أَنْزَلْنَاهُ قَرْءَانًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ (يوسف/ 2:12)



KATA PENGANTAR
            Alhamdullah segala fuji syukur patut kita panjatkan kepada Allah SWT yang banyak memberikan nikmatnya kepada hambanya, sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada nabi besar Muhammad SAW, yang dengan semagatnya beliau memperjuangakan Islam, sehingga manusia bisa selamat dari jurang kemusyrikan menuju jalan yang lurus yakni agama Islam.
            Pada kata pengantar ini penulis ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah ikut membantu penulisan skripsi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan juga penulis mengucapkan terima kasih yang dikhususkan kepada:
1.      KH. Maktum  Jauhari, MA sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura.
2.      Rektor Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA yang telah mengizinkan penulisan untuk melakukan penelitian.
3.      Bapak Fujianto, M.Pd (Pembimbing I) yang telah tulus ikhlas membimbing, Mengarahkan, selalu memberi semagat serta tak henti-hentinya mengigatkan dalam kebaikan sehingga skripsi ini dapat selesai tepat waktu dan Ust, Saiful Anam, Lc yang juga telah memberikan bimbingan sehingga terjemah ke dalam Bahasa Arab dapat juga di selesaikan tepat waktu.
4.      Pengasuh pondok pesantren Darul Lughah Waddirosatil Islamiyah Seninan Palengaan Pamekasan yang telah mengarahkan, memberimasukan dan izin kepada saya untuk meneliti di pondok Darul Lughah.
5.      Penanggung jawab program  niha’i Ust. Joko Andi, S.Pdi dan Ust. Ahmad Yani, S.Sos.I yang telah berusaha menyukseskan  rentetan program niha’i 2012 agar terlaksana dengan sempurna.
6.      Teman-teman Shaf GREVANS seperjuangan yang telah member inspirasi dan membantu, sehingga kita semua dapat menyelesaikan study akhir ini, agar kita semua bisa menatap masa depan dengan indah.
7.      Seluruh civitas akademik IDIA Prenduan atas segala perhatian dan bantunanya.
Kemudian penulis berharap kepada para pembaca agar memberikan masukan yang bersifat konstruktif untuk menutupi kekurangan yang masih ada, penulis juga mohon maaf jika ada kesalahan. Dan tak lupa pula penulis haturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut andil demi terselesainya skripsi ini, baik berupa bimbingan, saran, kritik, motivasi maupun do’a
            Akhrinya penulis berharap semoga skripsi ini bisa bermanfaat baik bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca umumnya. Hanya kepada Allah SWT penulis menyerahkan segala urusan, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, amien.

Prenduan, 12 Mei 2013
Penulis

Dumyati









ABSTRAKSI
DUMYATI.2013. Metode Pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah Seninan Palengaan Pamekasan Tahun 2012-2013. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep Madura.
Pembimbing I        : Ust. Fujianto, M.Pd.I
Pembimbing II      : Ust. Saiful Anam, Lc
Untuk memudahkan pembaca, maka perlu dikemukakan sekilas tentang pembahasan yang terdapat dalam skripsi ini sebagai intisarinya. Skripsi ini terdiri dari enam bab yang masing-masing bab dibahas menjadi beberapa sub-sub bab, sehingga secara khusus merupakan manifestasi dari judul skripsi ini yaitu: “Metode Pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah Seninan Palengaan Pamekasan Tahun 2012-2013”.
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari dan Bahasa Arab merupakan bahasa Al-qur’an, sedangkan Al-qur’an adalah sumber pokok agama Islam, memperdalam Bahasa Arab berarti memperdalam agama Islam. Ada beberapa permasalahan penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Apa metode pembelajaran muhadatsah dan apa kendalanya.
Untuk mendapatkan hasil yang valid dan akurat maka penelti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah pengasuh pondok, guru pengajar Bahasa Arab, dan santri PP. Darul Lughah, prosedur pengumpulan data yang digunkan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yang digunakan adalah analisis deskriptif dan fenomenalogis. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perbanjangan pengamatan, dan triagulasi.
Dari hasi penelitian ini bahwa metode pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren Darul Lughah Pamekasan adalah mengunakan metode bermain peran dan metode elektik yaitu penggabungan antara metode ceramah, tanya jawab, dan metode diskusi, dari ketiga metode tersebut di gabung menjadi satu metode pembelajaran, Sistem pembelajarannya menggunakan Sistem Prosedur Pengembangan sistem Instruksional (PPSI). Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi pondok pesantren Darul Lughah adalah pertama kemalasan santri, kesulitan santri dalam menghapal dan berbicara Bahasa Arab, kedua kurangnya media pembelajaran, sarana/prasarana, ketiga kurangnya kedisiplinan guru, dan yang terakhir faktor lingkungan.


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…….………………………………….…………….
I
HALAMAN PERSETUJUAN…….………………………..………..…...
II
HALAMAN PENGESAHAN…………..…………………………...……
III
HALAMAN PERSEMBAHAN……………..……………...……….……
IV
HALAMAN MOTTO………………………….……………………….…
V
KATA PENGANTAR……………………………..…………………...…
VI
ABSTRAKSI…………………………………………..………………….
VII
DAFTAR ISI ……………………………………………..………………
VIII
BAB I : PENDAHULUAN
A.    Konteks Penelitian ………………………………………………..
B.     Fokus Penelitian ………………………………………………….
C.     Tujuan Penelitian ……………………………………...................
D.    Kegunaan Penelitian…………………………………...................
E.     Definisi Istilah ……………………………………………………
F.      Sistematika Pembahasan …………………………………………

01
04
04
05
06
06
BAB II: KAJIAN PUSTAKA
A.    Tinjauan Tentang Metode Pembelajaran ………..……………….
1.      Metode Pembelajaran……………………….………..……….
2.      Teknik Pembelajaran………………………………………….
3.      Model Pembelajaran…………………………………………..
4.      Strategi Pembelajaran……………………….…………………
B.     Tinjauan Tentang Muhadatsah…………..………………………..
1.      Pengertian Muhadatsah………………………………………..
2.      Pentingnya Mempelajari Muhadatsah......................................
3.      Pelaksanaan Pembelajaran Muhadatsah……………..……….
C.    Sekilas Tentang Pondok Pesantren Darul Lugah ………………..
1.      Sejarah singkat PP. Darul Lugah… …………………..………
2.      Program kerja PP. Darul Lughah……………………..............

08
08
08
08
09
09
09
10
12
14
14
15
BAB III: METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian dan Pendekatan ………………………….………
B.     Tempat Penelitian……………………………….…..........…..…..
C.     Sumber Data………………………….…........……….…………..
D.    Teknik Pengumpulan Data………………………….…........……
E.     Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data………………………..…..
F.      Teknik Analisis Data………………………………………………

16
16
17
17
20
22
BAB IV: LAPORAN PENELITIAN
A.    Paparan Data………..………………………….…........……..…..
1.      Metode Pembelajaran Muhadatsah di PP. Darul Lughah…….
2.      Kendala-kendala Yang di Hadapi PP. Darul Lughah…………
B.     Temuan Penelitian..........................................................................

23
23
26
29
BAB V: PEMBAHASAN HASIL TEMUAN   
A.    Metode Pembelajaran Muhadatsah di PP. Darul Lughah...............
B.     Kendala-Kendala Pembelajaran Muhadatsah di PP Darul Lughah

31
42
BAB VI: PENUTUP
A.    Kesimpulan..........................................................……..…...........
B.     Saran-saran......................................... .................………….........       

25
25
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar